PPG Dalam Jabatan Tahun 2025
Modul Profesional
Bidang Studi Akidah Akhlak
- Topik 1: Akidah Islam.
- Topik 2: Asmaul Husna.
- Topik 3: Akhlak Mahmudah dan Akhlak Mazmumah.
- Topik 4: Aliran-aliran Ilmu Kalam, Tokoh, dan Objek Pembahasannya.
- Topik 5: Aliran Tasawuf dan Tokoh-Tokohnya.
- Topik 6: Objek Pembahasan Tasawuf.
- Topik 7: Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Qur’an Hadits
- Topik 1: Konsep Dasar Ulumu Al-Quran.
- Topik 2: Konsep Dasar Ulumu Al-Hadis.
- Topik 3: Analisis Keotentikan Hadis.
- Topik 4: Kajian Tafsir Al-Quran.
- Topik 5: Konsep Tawassuth, Tawazun dan Tasamuh dalam Al-Quran Hadis.
- Topik 6: Makna Filosofis Materi Al-Quran Hadis.
- Topik 7: Pendidikan Karakter dalam Al-Quran dan Hadis.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Fikih
- Topik 1: Zakat Hasil Tanah yang Disewakan.
- Topik 2: Zakat Profesi dan Zakat Produktif.
- Topik 3: Penyaluran Zakat untuk Pembangunan Masjid.
- Topik 4: Monogami, Poligami dan Nikah Mut’ah.
- Topik 5: Bank, Rente dan Fee.
- Topik 6: Pemerintahan dalam Islam.
- Topik 7: Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam
- Topik 1: Kondisi Jazirah Arab dan Peradaban Islam.
- Topik 2: Nabi Muhammad sebelum Kerasulan sampai Hijrah ke Madinah.
- Topik 3: Islam Masa Khulafaaurrosyidin: Abu Bakar, Umar bin Khattab.
- Topik 4: Islam Masa Khulafaaurrosyidin: Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
- Topik 5: Sejarah Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbadiyah.
- Topik 6: Sistem Pemerintahan Islam Dinasti Ayyubiyah dan Faktor Penyebab Keruntuhan Ayyubiyah.
- Topik 7: Sejarah Masuknya Islam di Indonesia dan Asia Tenggara.
- Topik 8: Sejarah Masuknya Islam di Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.
Bidang Studi PAI
- Topik 1: Mengungkap Esensi Ayat Mutasybihat.
- Topik 2: Kriteria Kesahihan Hadis.
- Topik 3: Keimanan kepada Hari Akhir dan Qada-Qadar.
- Topik 4: Pembentukan Akhlak Karimah.
- Topik 5: Fikih Kontemporer.
- Topik 6: Transformasi Peradaban Islam.
- Topik 7: Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Bahasa Arab
- Topik 1: Ilmu Sharaf.
- Topik 2: Ilmu Nahwu.
- Topik 3: Ilmu Balaghah.
- Topik 4: Ilmu Lughah.
- Topik 5: Keterampilan Berbahasa.
- Topik 6: Pembelajaran Bahasa.
- Topik 7: Pendidikan Karakter.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Guru Kelas RA
- Topik 1: Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.
- Topik 2: Muatan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
- Topik 4: Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.
- Topik 5: Kurikulum Merdeka.
- Topik 6: Asesmen dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
- Topik 7: Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter serta Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
- Topik 8: Moderasi Beragama.
Bidang Studi Guru Kelas MI
Modul Pedagogik
Bidang Studi Akidah Akhlak
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Qur’an Hadits
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Fikih
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi PAI
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Bahasa Arab
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Guru Kelas RA
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Bidang Studi Guru Kelas MI
- Topik 1: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL).
- Topik 2: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Diferensiasi (Differentiation Based Learing/DBL).
- Topik 3: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kesatuan Materi, Pedagogik dan Teknologi (Technological Pedagogical and Content Knowledge/TPACK).
- Topik 4: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Learning (Mindful Learning, Meaningful Learning, and Joyful Learning).
- Topik 5: Pendekatan dan Strategi Layanan Bimbingan Konseling untuk Supervisi Klinis.
- Topik 6: Pendekatan Pendidikan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (Pendidikan Inklusi).
- Topik 7: Karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
- Topik 8: Guru Profesional Era Digital dan Artificial Intellegence (AI).
Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran
- Topik 1: Analisis Capaian Pembelajaran dan Pengembangan Tujuan Pembelajaran.
- Topik 2: Pengembangan Materi Pembelajaran.
- Topik 3 Pengembangan Pendekatan, Metode dan Strategi Pembelajaran.
- Topik 4 Pengembangan Alat Peraga, Media dan Teknologi Pembelajaran.
- Topik 5: Pengembangan Asesmen Pembelajaran.
- Topik 6: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran.
- Topik 7: Pengembangan Modul Ajar.
- Topik 8: Pengembangan Modul Projek P5/PPRA.
