Kurikulum PPG Dalam Jabatan

Tahapan Pelaksanaan PPG Daljab

Pelaksanaan Program PPG dalam Jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI Tahun 2021, sesuai dengan KMA Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan pada Kementerian Agama, dan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2251 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan pada Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2021, dilaksanakan dengan 9 (sembilan) tahapan, antara lain:

  • Pendalaman Materi 5 SKS (30 hari)
  • Lokakarya Perangkat Pembelajaran dan PTK 2 SKS (12 hari)
  • Review Perangkat Pembelajaran, PTK dan Peer Teaching 1 SKS (8 hari)
  • Uji Komprehensif 3 hari
  • PPL I (RPP 1 dan 2) 2 SKS (12 hari)
  • Review PPL I (RPP 1 dan 2) 1/2 SKS (4 hari)
  • PPL II (RPP 3) 1 SKS (6 hari)
  • Review PPL II (RPP 3) 1/2 SKS (4 hari)
  • UKMPPG (Uji Kompetensi Mahasiswa PPG), terdiri dari: Uji Kinerja (UKin) dan Portofolio: 4 hari dan Uji Pengetahuan (UP): 2 hari

Seluruh pelaksanaan PPG tahun 2021 ini, sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan, Nomor: B-949.1/DJ.I/Set.I/PP.00.9/03/2021, tertanggal 31 Maret 2021, Perihal: Pelaksanaan PPG dalam Jabatan Tahun 2021, dilakukan 100% daring melalui laman: https://ppgmadrasah.siagapendis.com/ (untuk guru Madrasah) dan https://ppg.siagapendis.com/ (untuk guru PAI).

Tahapan-tahapan:

Pendalaman Materi (5 sks, 30 hari)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring untuk mempelajari/mendalami materi-materi PPG, berdiskusi dan berlatih menjawab soal-soal secara daring di bawah bimbingan dosen. Kegiatan ini memiliki bobot 5 (lima) sks dan diselesaikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari. Mahasiswa wajib menuntaskan dalam mempelajari 6 modul keprofesian dan 4 modul pedagogik. Masingmasing modul terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB). Jadi jumlah modul sebanyak 10 modul atau 40 KB. Setiap 3 hari, mahasiswa wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul (4 KB).

  • Keprofesian, sebanyak 6 modul.
  • Pedagogik, sebanyak 4 modul.

Lokakarya Perangkat Pembelajaran dan PTK (2 sks, 12 hari)

Tahap pengembangan perangkat pembelajaran, memiliki bobot 2 (dua) sks yang ekuivalen dengan waktu belajar selama 12 (dua belas) hari yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk: a) Mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), memanfaatkan sumber belajar berbasis ICT dan berorientasi pada Higher-Order Thinking Skills (HOTS); dan b) Membuat rekaman video praktik pembelajaran berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah disusun.

Kegiatan lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran, meliputi penyusunan tentang:

  • RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
  • Bahan Ajar.
  • LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).
  • Media pembelajaran.
  • Evaluasi pembelajaran.
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Review Perangkat Pembelajaran, PTK dan Peer Taching (1 sks, 8 hari)

Kegiatan pada tahap ini memiliki bobot 1 (satu) sks yang dilaksanakan selama 8 (delapan) hari. Tahap ini merupakan kegiatan mereviu perangkat pembelajaran dan video praktik pembelajaran yang telah dibuat mahasiswa di tahap ke-2, yakni tahap pengembangan perangkat pembelajaran, new model peer teaching, PTK (Penelitian Tindakan Kelas), refleksi, dan RTL (Rencana Tindak Lanjut). New model peerteaching merupakan kegiatan presentasi yang diawali dengan mengkritisi perangkat dan video praktik pembelajaran yang telah dirancang, agar dalam pelaksanaan pembelajaran (PPL), mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan kemampuan critical, creative, reflective thinking, dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based learning dengan karakterisktik pembelajaran berbasis HOTS serta menerapkan konsep pembelajaran melalui pendekatan TPACK berbasis platform revolusi industry 4.0 maupun meluruskan miskonsepsi yang muncul dalam pembelajaran.

Tahap ini setiap kelompok terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa yang diampu oleh 1 (satu) dosen dan guru pamong. Pelaksanaan reviu ini dilakukan selama 8 (delapan) hari (6.5 jam per hari), baik secara sinkronus dan asinkronus. Adapun jumlah jam sinkronus (ViCon) sebanyak 32 (tiga puluh dua) jam, sedangkan jumlah jam asinkronus sebanyak 20 (dua puluh) jam.

Uji Komprehensif (3 hari)

Tahap ke-4 adalah melakukan uji komprehensif. Kegiatan uji komprehensif ini dilaksanakan setelah para mahasiswa menyelesaikan tahap yang ke-3, yaitu reviu perangkat pembelajaran yang dibuktikan dengan upload 3 (tiga) buah RPP dan 1 (satu) video praktik pembelajaran, maksimal 30 menit. RPP dan video tersebut dijadikan sebagai bahan bagi dosen penguji untuk melaksanakan ujian komprehensif.

Tujuan kegiatan pada tahap ini yaitu untuk menilai kemampuan mahasiswa secara menyeluruh tentang teori pedagogik dan pengetahuan bidang studi termasuk materi esensial, advance materials dan kebermaknaan (apa, mengapa dan bagaimana) yang bersumber dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari lokakarya dan diperluas pada aspek TPACK dan HOTS.

 
 

PPL I (RPP 1 & 2) (2 sks, 12 hari)

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan kegiatan latihan mengajar maupun nonmengajar, termasuk melakukan Latihan PTK, yang dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan guru profesional. Pelaksanaan PPL pada tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan PPL dengan bimbingan dosen dan guru pamong dilaksanakan paling sedikit 8 (delapan) kali. Tujuan kegiatan PPL ini untuk mendalami, berpartisipasi, dan/atau mempraktikan kegiatan-kegiatan nonpembelajaran yang meliputi: administrasi sekolah/madrasah, kultur sekolah/madrasah, ekstrakulikuler, rapat-rapat di sekolah/madrasah, dan layanan bimbingan konseling.

Kegiatan PPL dalam tahap ini para mahasiswa melakukan sebagai berikut: a) Observasi dan orientasi lapangan; b) Praktik pembelajaran; c) Pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial, yang meliputi: kerja sama, etos kerja, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, sopan santun, dan sebagainya selama pelaksanaan PPL; d) Melaksanakan kegiatan non-pembelajaran, seperti: manajemen pendidikan, mengikuti rapat, piket, berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler, dan penanganan kesulitan belajar peserta didik di sekolah/madrasah; e) Membuat laporan PPL, yakni kegiatan praktik pembelajaran dan kegiatan non-pembelajaran; f) Melaksanakan PTK; dan g) Mengumpulkan portofolio (perangkat RPP).

Review PPL I (RPP 1 & 2) (½ sks, 4 hari)

Tahap ini dapat dilaksanakan ketika para mahasiswa sudah menyelesaikan PPL I (tahap ke-5). Kegiatan pada tahap ini memiliki bobot ½ sks yang ekuivalen selama 4 (empat) hari atau 18 (delapan belas) JP (jam pelajaran). Ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan dalam tahap ini, yaitu: a) Reviu PPL, PTK (perencanaan Tindakan dan pengumpulan data), dan praktik non-pembelajaran; b) Refleksi hasil reviu PPL I; dan c) Membuat RTL terhadap perbaikan kinerja untuk PPL II. Dalam tahap ini secara Bersamasama antara dosen, guru pamong dan mahasiswa melaksanakan kegiatan di LMS, sebagai berikut: a) Diskusi dan presentasi tentang kekuatan dan kelemahan dari video kegiatan mengajar, laporan awal PTK dan video laporan kegiatan non-pembelajaran pada PPL I; b) Refleksi dari hasil diskusi pada PPL I melalui konferensi 3 (tiga) arah; dan c) Diskusi dan presentasi RTL untuk perbaikan kinerja di PPL II.

Tujuan kegiatan pada tahap ini, yaitu untuk: a) Mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan praktik mengajar, kegiatan awal pelaksanaan PTK dan kegiatan praktik non-pembelajaran di PPL I; b) Melaksanakan refleksi dari kegiatan mengajar, pelaksanaan PTK dan kegiatan non-pembelajaran; dan c) Membuat RTL perbaikan kinerja kegiatan mengajar, pelaksanaan PTK dan kegiatan non-pembelajaran untuk PPL II.

PPL II (RPP 3) (1 sks, 6 hari)

Pelaksanaan PPL II bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, yang menerapkan TPACK untuk mengembangkan HOTS mahasiswa; b) Meningkatkan kemampuan leadership mahasiswa melalui pengelolaan kegiatan non-pembelajaran yang fisibel dilakukan secara daring; dan c) Meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa untuk peningkatan kemampuan guru secara berkelanjutan.

Review PPL II (RPP 3) (½ sks, 4 hari)

Tahap ini dapat dilakukan secara mahasiswa telah menyelesaikan PPL I. PPL II ini memiliki bobot ½ sks yang ekuivalen dengan waktu belajar selama 4 (empat) hari atau setara dengan 18 (delapan belas) JP. Tujuan kegiatan pada tahap ini, yaitu untuk: a) Mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan praktik mengajar, kegiatan awal pelaksanaan PTK dan kegiatan praktik non-pembelajaran di PPL II; b) Melaksanakan refleksi dari kegiatan mengajar, pelaksanaan PTK dan kegiatan non-pembelajaran di PPL II; dan c) Membuat RTL perbaikan kinerja kegiatan mengajar, pelaksanaan PTK dan kegiatan non-pembelajaran sebagai dasar untuk penerapan Continuous Professional Development (CPD).

Uji Kompetensi (6 hari)

Uji kompetensi, yang dikenal dengan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) merupakan tahap terakhir dari seluruh rangkaian pelaksanaan program PPG. UKMPPG terbagi kepada dua bagian, yaitu:

  • Uji Kinerja (Ukin) merupakan bentuk ujian praktik pembelajaran dan uji portofolio. Uji praktik pembelajaran yang meliputi uji persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan uji portofolio merupakan uji berkaitan dengan dokumen portofolio yang mencakup pengembangan diri, penelitian, refleksi diri, pencarian informasi, dan karya inovasi. Untuk lebih tentang persiapan uji portofolio, Anda dapat mendownload pedomannya di sini. Pelaksanaan selama 4 (empat) hari, adapun link pendaftarannya: http://103.23.100.73/daftar/daftar/mahasiswa.
  • Uji Pengetahuan (UP), yaitu uji tulis yang berbasis komputer berkaitan dengan penguasaan pengetahuan untuk memenuhi capaian pembelajaran program PPG. Pelaksanaan selama 2 (dua) hari, adapun link pendaftaranya: http://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/.